Job Matching & Job Fair 2017

Untuk meningkatkan pemahaman dunia usaha dan Industri terhadap kemampuan kompetensi yang pekerjaan atau posisi Jabatan yang tersedia di dunia Industri atau dunia usaha serta untuk pencapaian target persentasi lulusan SMK yang bekerja maka suatu keharusan untuk diadakan kegiatan pemasaran tamatan SMK dengan dunia Industri.

 

Sebagai usaha mediator yang menjembatani antara pencari kerja tamatan SMK dengan penyedia lapangan pekerjaan tingkat menengah acara ini disebut juga Job Matching, maksudnya bursa kerja tamatan SMK dengan dunia Industri.
Di pihak lain dunia industri atau dunia usaha membutuhkan tenaga kerja terlatih untuk tingkat menengah banyak yang kesulitan untuk mencarai tenaga kerja terlatih yang sesuai dengan kompetensi keahliannya, maka dengan Job Matching 2017 diharapkan bisa mempertemukan kedua belah pihak yang saling membutuhkan.
Hal ini disampaikan oleh Kepala SMKN 1 Kendari Drs. Ali Koua, saat pembukaan acara Job Matching SMK 2017 di lapangan SMKN 1 Kendari, Rabu (5/10/2017).
“Ini adalah salah satu alternatif yang dilakukan untuk menekan angka pengangguran yang ada di Kendari dan memberikan peluang bagi para lulusan SMK khususnya, untuk langsung kerja
 juga menjelsakan Job Matching SMK, hanya salah satu alternatif untuk mendapatkan pekerjaan namun bukan dijadikan tujuan utama dalam mencari pekerjaan. Selain itu sekolah juga bekerja sama dengan SMK diluar yaitu SMKN 1 Bau-Bau
Jika hanya dengan mengandalkan ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah (SMK) sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang bergengsi dan lambat untuk naik kejenjang karir atau jabatan yang lebih tinggi.
“Hanya dengan mengandalkan ijazah SMK, maka sulit untuk kita mendapatkan pekerjaan yang bergengsi dan lambat untuk naik kejenjang karir atau jabatan yang lebih tinggi”. .
Sedangkan tujuan Job Matching, adalah mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha dan dunia industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah, Memberi peluang saling berinteraksi antara tamatan SMK untuk menawarkan kompetensi yang dimiliki kepada dunia usaha dan dunia industri yang memerlukan tenaga kerja, meningkatkan hubungan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, meningkatkan wawasan tamatan SMK tentang peluang-peluang kerja di dunia usaha serta dunia industri dan meningkatkan daya serap tamatan SMK memasuki lapangan kerja 
Beberapa DUDI yang berhasil diajak kerjasama diantaranya
1. PT. Gramedia
2. Alfa Mart
3. Lippo Plazza
4. Matahari
5.CV. Technos, serta beberapa perusahaan maupun lembaga pembiayaan lainnya